Project

Interior

KITCHEN SET, bagi mereka yang hobi memasak.

Kitchen Set adalah bagian dari rumah yang bagi sebagian orang mendapat perhatian khusus. Mungkin karena hobi memasak atau memang menginginkan interior keseluruhan yang menawan. 

Ada beberapa bentuk yang di kenal dalam membangun Kitchen Set, antara lain : Single Line, Double Line, L model, U model, G model, dan Island Model. Yang paling banyak di gunakan adalah Single Line dan Double Line, di karenakan anatomi rumah kebanyakan middle class. 

Point-point yang harus di perhatikan adalah, pengapian, pengairan dan pembuangan. Titik-titik tersebut harus di rencanakan dari awal, agar penataan jalur pada pondasi tidak berlawanan dengan penempatan perralatan dapur nantinya.

Semisal, untuk pengapian, berarti penempatan saluran gas, pembuangan asap dan sirkulasi udara harus di perhatikan sejak awal. Alangkah baiknya jika penempatan kompor ( pengapian ) di letakkan dekat dengan jendela, atau di buatkan lobang ventilasi agar sirkulasi tetap terjaga baik, dalam artian, saat memasak, asap dan bau yang muncul tidak terkumpul di area tersebut. 

Untuk daerah epidemi padat, biasanya area memasak tidak terlalu lebar. Ini di butuhkan manajemen ruang yang tepat guna. Sehingga akan tampak rapi, higienis, dan ergonometris.

Rapi : Semua barang tertata dan mendapat porsi tempat.

Higienis : dengan tertata-nya ruang, akan mengurangi kecenderungan penumpukan barang pada satu area, sehingga ruang memasak akan mudah di bersihkan, dan senantiasa tampak bersih.

Ergonometris : area-area penempatan, seperti almari, rak piring, dan lainya, tertata sesuai kebutuhan, sehingga mudah dalam jangkauan. Seperti - Piring untuk keseharian di letakkan pada rak yang di letakkan di area bawah, dan rak piring untuk sehabis cuci, di letakan di atas zink, dsb.

Berikut ini adalah desain yang pernah saya kerjakan, dengan model kitchen set double line. Pada dasarnya menggabungkan area memasak dengan area makan. Dengan cara seperti ini kita akan dapat memaksimalkan kebutuhan akan ruang, sehingga ruang terlihat lebar, tidak menggkungkung ( sempit ). 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar